Yayasan Dharmasastra Manikgeni

Kantor Pusat: Jalan Pulau Belitung Gg. II No. 3 - Desa Pedungan - Denpasar BALI 80222. Hp/WA 0819 9937 1441. Diterbitkan oleh: Yayasan Dharmasastra Manikgeni. Terbit bulanan. Eceran di Bali Rp 20.000,- Pelanggan Pos di Bali Rp 22.000,- Pelanggan Pos di Luar Bali Rp 26.000,- Tersedia versi PDF Rp 15.000/edisi WA ke 0819 3180 0228

Rabu, 28 Desember 2016

Komunitas Sadar Sehat Akan Menjadi Yayasan

Engkau berhak melakukan tugas kewajibanmu yang telah ditetapkan, tetapi engkau tidak berhak atas hasi lperbuatan. Jangan menganggap dirimu penyebab hasil kegiatanmu, dan jangan terikat pada kebiasaan tidak melakukan kewajibanmu. Bhagawad Gita 2.47

Tanpa kita sadari kita hidup dalam masyarakat yang mempersempit arti kesehatan hanya dari satu dimensi saja, yaitu fisik semata, hal ini sebenarnya belum mencerminkan kesehatan yang menyeluruh, karena hakekat dari kesehatan adalah kondisi harmonis yang holistic atau keselarasan yang menyeluruh dari berbagai dimensi diri manusia, seperti fisik, intelektual, sosial, lingkungan dan spiritual. Dengan dasar ini kami membentuk sebuah komunitas yang kami beri nama Komunitas Sadar Sehat.


Komunitas Sadar Sehat memiliki tiga pilar pokok, yakni Health Care, Edu Care dan Enviromental Care. Kami berdiri dari tanggal 17 Agustus 2015 yang merupakan kumpulan anak muda yang memiliki kepedulian dan secara sukarela melakukan pelayanan kepada masyarakat. Yang mana pada pilar Health Care kami mengadakan pemeriksaan kesehatan gratis yang terdiri dari pemeriksaan tekanan darah dan gula darah, melakukan promosi kesehatan dengan mengadakan penyuluhan kesehatan untuk pencegahan dan pengendalian penyakit kronis, seperti diabetes dan hipertensi, kami juga melakukan pencetakan brosur kesehatan untuk edukasi kesehatan masyarakat tentang pola hidup sehat. Pilar Edu Care kami melakukan penyuluhan kesehatan reproduksi remaja, pola hidup bersih dan sehat, pembagian buku bacaan yang menginspirasi, menyalurkan CSR kepada beberapa panti asuhan rekanan kami dalam wujud nonton bersama di bioskop, berkunjung ke kebun binatang dan juga bermain ke wahana air. Selain itu juga kami mengumpulkan remaja berprestasi dari seluruh Bali untuk kami ajak siaran di radio dan TV berbagi kisah perjuangan mereka menggapai kesuksesan agar dapat menginspirasi remaja lain untuk mengikuti jejak remaja berprestasi ini. Pilar Environmental Care kami mendukung gerakan penanaman pohon, diet plastic dan juga pernah menyumbang alat Fresh On 2015 penemuan yang membanggakan dari Ilmuan se-Dharma yaitu Prof I GedeWenten di ITB untuk korban terdampak asap di Kalimantan. Sampai saat ini kami memiliki 40 relawan yang secara sukarela ngayah untuk melanjutkan kebaikan ini, agar dapat dinikmati oleh umat kita.
Pada bulan Oktober 2016 ini kami memfokuskan kegiatan di Edu Care, yaitu dengan bersama RRI Pro 2 FM melakukan siaran dalam acara Ayo Sehat dengan tema Anak, Orang Tua dan Sexualitas mengingat semakin banyaknya terjadi penularan penyakit seksual, kehamilan yang tidak diinginkan dan kekerasan sexual, maka sangat perlu untuk remaja dan orang tua untuk dapat memahami fenomena ini dan bersama-sama menghindari hal ini, melalui sex edukasi yang baik tanpa menganggap hal ini sebagai hal yang tabu, memperbaiki hubungan antara anak dan orang tua dengan memberikan suasana kondusif untuk berkata jujur di lingkungan keluarga, membina hubungan dengan kasih sayang, meluangkan waktu untuk bersama, selain itu pula peran sekolah yang sangat penting dalam memberikan bimbingan konseling kepada anak.

Youth Sadhana
Berkerjasama dengan Ananad Ashram relawan kami mengikuti Youth Sadhana dengan tema Hindu Life Management untuk Meraih Kebahagiaan dan Kesuksesan Sejati. Dalam acara ini mengupas Hindu sebagai jalan hidup, Catur Ashrama dan peserta diajak untuk mendiskusikan masalah-masalah yang dihadapi remaja dan bermain peran (Role Play) terkait permasalahan-permasalahan yang dihadapi remaja dalam kesehariannya. Di dalam kegiatan ini juga diajarkan meditasi untuk mengendalikan emosi, chanting mantra dan bhajan.

Remaja Berprestasi
Kami mengumpulkan remaja dari 48 SMA se Bali untuk kami ajak berbagi kisah sukses mereka di media Radio dan Televisi serta cerita yang terbaik dan inspiratif akan kami bukukan. Sebuah kesuksesan tidak serta merta didapat begitu saja karena perlu sebuah usaha, disiplin dan perjuangan untuk mencapainya. Halini kami gali dari remaja berprestasi yang kami kumpulkan dari seluruh Bali, agar dapat turut menginspirasi remaja lainnya agar mengikuti jejak mereka. Selain itu kegiatan ini mendidik remaja yang telah berprestasi untuk berani melakukan public speaking di Radio dan TV. Kegiatan ini baru berlangsung dari minggu ketiga bulan Oktober dan disiarkan di RRI Pro 2 FM 95.3 FM Denpasar di acara Remaja Berprestasi hari Minggu pukul 11.00-12.00 Wita dan di Yowana Live Remaja Hebat di Bali TV tayang hari Senin pukul 14.30 – 15.30 Wita. Sampai saat ini baru empat remaja yang menjadi narasumber di acara ini dan masih tersisa 30 orang remaja yang berhasil kami kumpulkan dan seleksi.

Bermain di Waterbom
Waterbom Bali memberikan CSR-nya kepada kami untuk kami salurkan ke Panti Asuhan rekanan kami, yaitu Panti Asuhan Gayatri Widya Mandala Tabanan. Kami mengajak anak-anak Panti Asuhan untuk bermain bersama mengembalikan senyum dan keceriaan mereka di Wahana Permainan Air Waterbom Bali di Kuta. Anak-anak sangat antusias dan senang dapat bermain bersama, kami melakukan hal ini selain untuk rekreasi juga untuk menambah wawasan mereka serta tetap menjaga mimpi-mimpi masa depan mereka walaupun mereka hidup dalam keterbatasan tidak seberuntung kita.
Kepada umat sedharma kami sangat membutuhkan dukungan agar kegiatan kami tetap terlaksana dengan baik, berbagi kebaikan kepada umat, hanya dengan dukungan dan kerjasama dari umat sedharma arus kebaikan ini dapat terus berjalan. Sebagai informasi komunitas kami sedang mengurus agar memiliki badan hokum, yaitu dalam bentuk yayasan yang kami beri nama Yayasan Dharma Sadar Sehat, sebuah Dharma atau tugas untuk menyadarkan kita semua akan pentingnya arti kesehatan secara holistik. Untuk info lebih lanjut silakan kunjungi di www.sadarsehat.org (ist)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar