Yayasan Dharmasastra Manikgeni

Kantor Pusat: Jalan Pulau Belitung Gg. II No. 3 - Desa Pedungan - Denpasar BALI 80222. Telepon & Faks: (0361) 723765
HP 081 338 629 606 -- 082 146 000 640 Diterbitkan oleh: Yayasan Dharmasastra Manikgeni

Kamis, 15 September 2016

Pelantikan Pengurus Prajaniti Kota Bandung

Menindaklanjuti  Pesamuhan Madya PHDI Provinsi Jawa Barat, pada tanggal 1 Nopember 2015 tentang peran organisasi untuk peningkatan kesejahteraan umat Hindu melalui gerakan-gerakan pelayanan  dalam semua aspek kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara, maka Ketua DPD Prajaniti Jawa Barat, Drs. Anak Agung Gede Anom, M.T.,  pada Hari Minggu Tanggal 7 Agustus 2016 bertempat di Madya Mandala Pura Wira Satya Dharma Komplek Yon Zipur IX Ujung Berung Bandung telah melantik Pengurus Prajaniti Kota Bandung untuk  masa bhakti 2016 – 2021.



Kepengurusan baru tersebut ditetapkan berdasarkan Surat Keputusan DPD Prajaniti Hindu Indonesia Jawa Barat No. 14/KEP/DPD-02/PRAJANITI/VIII/2016 dengan susunan Pengurus sebagai berikut. Dewan Penasehat:  I Nyoman Nesawan, S.Ag., Dr. Ir. I Dewa Gede Arsa Putrawan, dan Cening Sadiana, SE, MM,  QIA. Dewan Pengurus Cabang: Ketua DPC Kota Bandung: I Nyoman Sarjana. Sekretaris: Ni  Gusti Agung Sagung Ratih N, S.T. Wakil Sekretaris : Made Gede Vidya Kresna S, A.Md. Bendahara: I Made Arka.

Pada kesempatan yang sama untuk mengantisipasi meningkatnya volume kegiatan Prajaniti Hindu Indonesia Wilayah Jawa Barat dan sesuai dengan Grand Design Hindu Dharma Indonesia, DPD Prajaniti Hindu Indonesia Jawa Barat memandang perlu mengangkat Wakil Sekretaris Bidang Eksternal DPD Prajaniti Indonesia Jawa Barat, yaitu  I Ketut Dunia Arnatha, S.E.,  untuk masa bhakti 2016 – 2020 melalui KeputusanDPD Prajaniti Hindu Indonesia Propinsi Jawa Barat Nomor: 15/KEP/DPD-02/PRAJANITI/VIII/2016


Prajaniti sebagai pelayan berperan meningkatkan kesejahteraan ekonomi umat Hindu maka telah mendorong terbentuknya  suatu wadah yang sesuai dengan Undang-Undang Dasar 1945 khususnya pasal 33 ayat (1 ), yaitu suatu usaha bersama atas azas kekeluargaan demi kemakmuran masyarakat umat Hindu pada khususnya dalam bentuk usaha Koperasi yang bernama Koperasi  Dharma  Sedana melalui SK Ketua Banjar Bandung Timur Nomor: 02/SKEP/BBT/III/2016 telah dilantik pada kesempatan yang sama oleh Sekretaris Banjar Bandung Timur, I Gede Rawi Sumarya, ST.,  Pengawas dan Pengurus Koperasi Dharma Sedana dengan susunan sebagai berikut. Pengawas: Drs. I Putu Gede Sumendra, I Wayan Suarjaya dan I Ketut Dunia Arnatha, S.E. Ketua:  Dr. I Ketut Adi Purnama, SH, M.H. Sekretaris:  Katalina Tini. Wakil Sekretaris:  Ni Putu Widiari Kuswayanti. Bendahara:  Nanik Supriani.

Dalam sambutan penutup Ketua DPD Prajaniti Jawa Barat, Drs, Anak Agung Gede Anom, M.T., menjelaskan tentang tugas pokok Prajaniti. Kalau Parisada Hindu Dharma Indonesia tugasnya melakukan pembinaan umat di bidang rohani, maka Prajaniti tugasnya melakukan pembinaan di bidang jasmani, tepatnya adalah meningkatkan kualitas kesejahteraan umat Hindu melalui gerakan-gerakan pelayanan dalam semua aspek kehidupan bermasyarakat berbangsa dan bernegara, sehingga pembangunan manusia Hindu adalah total, utuh, dan seimbang.

Dalam Grand Design Hindu Indonesia disebutkan tugas-tugas pokok Prajaniti adalah sebagai berikut. (1) Bidang Hukum; Konseling dan Advokasi. (2) Bidang Ekonomi; Ekonomi  Kerakyatan dengan mendirikan Koperasi-Koperasi. (3) Bidang Politik; Pendidikan Politik dan Gerakan Politik. (4) Sosial Kemanusiaan; Pelayanan sosial ( tidak boleh ada anak Hindu putus sekolah ), menyiapkan dukungan beasiswa dan santunan rohaniawan. (5) Kesehatan; Gerakan pelayanan Kesehatan Umat. (6) Budaya; Seni, kearifan lokal. (7) Lingkungan Hidup. (8) Lintas Iman.

Dari tugas-tugas pokok Prajaniti khususnya di bidang sosial kemasyarakatan telah memberikan dukungan beasiswa bagi anak-anak yang kurang mampu dari segi ekonomi  untuk wilayah Bandung Raya. Sampai saat ini sudah ada 11 orang siswa (mahasiwa) yang telah dibantu biaya pendidikannya. Di samping itu secara rutin Prajaniti juga telah memberikan santunan untuk biaya seorang Sulinggih di Bandung (Cimahi). Kegiatan  ini tidak bisa lepas dari peran aktif masyarakat dalam membantu pendanaan kas Prajaniti berupa dana punia. Bagi masyarakat yang mampu diharapkan dapat mendanapuniakan sebagian rejekinya untuk kesinambungan pelayanan kepada umat yang perlu dibantu khususnya di bidang pendidikan. Silakan transfer punia ke rekening Bank Mandiri KCP Bandung Dago Nomor Rekening : 131-00-0001515-8 a/n Prajaniti Hindu Indonesia.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar