Yayasan Dharmasastra Manikgeni

Kantor Pusat: Jalan Pulau Belitung Gg. II No. 3 - Desa Pedungan - Denpasar BALI 80222. Telepon 081 338 629 606 -- 082 146 000 640 Diterbitkan oleh: Yayasan Dharmasastra Manikgeni

Rabu, 24 April 2013

Umat Hindu di Kalimantan Barat Sambut Hari Nyepi

Sekitar seribuan umat Hindu di Kalimantan Barat, khususnya di Kota Pontianak dan Kubu Raya, terlihat sibuk menyiapkan diri dalam rangka menyambut prosesi peribadatan Hari Nyepi tahun 2013. Menurut Ketua Parisad Hindu Darma Indonesia, Kalimantan Barat, Putu Duva Bandem, puncak peringatan Nyepi bagi umat Hindu jatuh pada tanggal 1, bulan Waisaka atau bulan Sasih Kadasa. Peribadatan Nyepi diawali dengan persembahyangan melasti di pantai. “Tujuannya untuk penyucian diri lahir dan batin,” kata Putu Duva kepada wartawan, Senin 11 Maret 2013 lalu.


Selanjutnya pada tutup tahun Saka yang jatuh pada tanggal 11 Maret 2013, dilakukan persembahyangan bersama dimulai sejak siang hari yang diawali dengan arak-arakan ogoh-ogoh. “Ini merupakan simbol raksasa yang memiliki sifat sombong , congkak dan angkuh,” tuturnya, kemudian diperangi dengan harapan umat manusia dapat memerangi sifat angkuh dan sombong yang ada dalam diri sendiri.

Usai arak-arakan ogoh-ogoh, kemudian dilanjutkan dengan peribadatan Tawur Agung yang bertujuan menjaga keharmonisan dan keseimbangan alam semesta dengan manusia. “Pada prosesi ini, ditekankan pada hubungan manusia dengan Tuhan, manusia sesama manusia dan manusia dengan alam,” jelasnya. (Yuniardi/ PenaOne)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar