Yayasan Dharmasastra Manikgeni

Kantor Pusat: Jalan Pulau Belitung Gg. II No. 3 - Desa Pedungan - Denpasar BALI 80222. Telepon 081 338 629 606 -- 082 146 000 640 Diterbitkan oleh: Yayasan Dharmasastra Manikgeni

Rabu, 20 Maret 2013

Para Sulinggih Akan Dapat JKBM Plus

Para Sulinggih di Bali akan segera memperoleh Kartu Jaminan Kesehatan Bali Mandara yang bisa digunakan untuk berobat gratis di rumah-rumah sakit di Bali. Jaminan kesehatan untuk para sulinggih di Bali ini bahkan diberi tanda khusus sehingga sulinggih yang dirawat tidak dimasukkan ke kelas III, tetapi langsung kelas utama dengan perawatan yang sesuai dengan sasana kesulinggihan.

Demikian dikatakan Gubernur Bali I Made Mangku Pastika pada saat melakukan simakrama dengan para sulinggih warga Pasek se Bali yang dilaksanakan di wantilan Pura Griya Sakti Manuaba, Desa Bongkasa, Jumat 15 Maret lalu.


“Sulinggih yang dimaksudkan bukan saja Ida Pandita Mpu dari warga Pasek, tetapi semua sulinggih yang ada di Bali. Selama ini saya selalu menganggap pendeta itu satu. Dalam sambutan saya di mana-mana, tak pernah saya menyebutkan Pandita Mpu. Ida Pedanda, Bagawan dan sebagainya, saya selalu menyebutkan Ida Sulinggih. Karena pemahaman saya pendeta Hindu itu sama,” kata Mangku Pastika, yang datang didampingi Kepala Dinas Kesehatan Prov. Bali.

Perhatian kepada sulinggih, menurut Mangku Pastika, harus diberikan karena tugasnya yang berat. “Saya selaku Gubernur Bali harus memberikan perhatian itu, karena saya gubernur rakyat Bali, bukan gubernur milik kelompok tertentu,” katanya. Sebagai ilustrasi dari ucapannya ini, Mangku Pastika sempat mengatakan, di keluarganya di Petemon, Seririt, kalau ada upacara yadnya yang diminta untuk “muput” Ida Pedanda. Sebaliknya, kalau ada upacara di provinsi, ya, bisa Ida Pandita Mpu atau yang lain, tergantung siapa yang punya waktu dan lebih mudah dihubungi.

Menyinggung tetang JKBM itu, Mangku Pastika lagi-lagi menyebutkan bahwa itu ada idenya sejak awal. “Kalau ada yang mengaku itu ide orang lain, ya, itu berbohong,” katanya yang disambut tepuk tangan.

Ditegaskan pula, orang yang berobat dengan fasilitas JKBM bukannya gratis, tetapi dibayar oleh Provinsi Bali. Jadi kalau perawat dan dokter ogah-ogahan menangani pasien JKBM, laporkan saja. “Kita sediakan anggaran lebih dari 100 milyar untuk JKBM ini, jadi bukan gratis,” katanya.

Untuk sulinggih, nantinya akan diberikan kartu JKBM dengan tanda khusus, sehingga sulinggih tidak dimasukkan ke zal yang rendah, bergabung dengan pasien lainnya. Sulinggih agar diberi perawatan yang lebih khusus sesuai dengan sasana kesulinggihan. Untuk meyakinkan para sulinggih yang hadir, Mangku Pastika memanggil Kepala Dinas Kesehatan agar segera merancang kartu JKBM untuk sulinggih itu. Para sulinggih yang hadir pun sudah mengisi data yang diperlukan yang akan dijadikan acuan untuk segera diproses oleh Dinas Kesehatan.

Jangan Lihat Partai
Simakrama di pura yang menyatu dengan Griya Bongkasa ini dihadiri oleh seluruh sulinggih Pasek (Ida Pandita Mpu) yang ada di Bali. Sekjen Mahagotra Pasek Sanak Sapta Rsi (MGPSSR), Wayan Winata, yang mewakili Pengurus Pusat MGPSSR dalam sambutannya mengatakan, simakrama ini bukan kampanye Pilkada Bali yang kebetulan calonnya adalah Made Mangku Pastika. Ini adalah acara kekeluargaan antara warga Pasek.

Winata menyebutkan, Made Mangku Pastika maju sebagai kandidat calon gubernur Bali diusung oleh beberapa partai. “Warga Pasek tak mau larut ke dalam politik praktis. Partai itu adalah baju. Baju itu bisa berganti-ganti setiap hari. Janganlah kita melihat bajunya, tetapi lihat kulitnya,” kata Wayan Winata.

Disebutkan kemudian, apapun baju yang dikenakan oleh Made Mangku Pastika tidak perlu kita persoalkan. Yang penting kulitnya apa. “Semeton Made Mangku Pastika kulitnya adalah Pasek, karena itu wajib kita dukung,” kata Wayan Winata.

Memang, dalam Bhisama Kawitan yang dipegang teguh oleh warga Pasek ada disebutkan bahwa sesama semeton haruslah tetap bersaudara dan saling membantu. Berdasarkan bhisama ini, memang wajib untuk warga Pasek membantu Made Mangku Pastika dalam memenangkan Pilkada Bali ini. Akan kena tulah jika ada warga Pasek yang tidak membantu sesama warganya. Namun, jika ada warga Pasek yang sudah menjadi pemimpin di luar pesemetonan, hendaknya ia menjadi pemimpin rakyat yang tak lagi mementingkan kelompok. Made Mangku Pastika dianggap memenuhi syarat itu karena selama menjadi pemimpin Bali ia tak pernah membeda-bedakan orang Bali berdasarkan pesemetonan. Dalam simakrama itu Made Mangku Pastika secara terbuka dan jujur mengatakan, ia justru membantu pembangunan Pasraman yang dimiliki oleh Ida Pedanda Made Gunung. Bukan pesraman Ida Pandita Mpu.

Sebelum simakrama dimulai, diadakan persembahyangan bersama, memohon restu agar Pilkada di Bali berlangsung aman. Made Mangku Pastika langsung diajak ke jeroan pura didampingi oleh pengurus Paruman Sulinggih MGPSSR Pusat dan wakil-wakil sulinggih se kabupaten di Bali. Mangku Pastika datang bersama stafnya, bukan didampingi oleh Tim Sukses karena acara ini bukan ajang kampanye. Ini acara pribadi dan tentu terkait dengan jabatan Mangku Pastika sebagai Gubernur Bali. Karena itu pula ada kepala dinas terkait yang ikut serta.

Usai acara, Mangku Pastika memberikan Rsi Yadnya kepada para sulinggih yang diterima secara simbolis oleh Ida Pandita Mpu Siwa Putra Paramadhaksa Manuaba selaku tuan rumah, didampingi Ida Pandita Mpu Dhaksa Samyoga dari Griya Klaci, Marga. Dalam kesempatan itu Gubernur Bali berjanji membantu pembangunan pasraman sulinggih warga Pasek. “Ini bantuan pribadi, kalau Provinsi yang membantu nanti yang masuk sorga Provinsi,” katanya yang disambut tawa riuh.

Foto: Gubernur Bali Made Mangku Pastika menyerahkan bingkisan secara simbolis kepada Pandita Mpu.

2 komentar:

  1. Om Swastiastu

    Gatra becik saking Bali, inilah pengamalan kita "Rsi Rna " kita sangatlah berutang kepada para Rsi, pinandita, pandita yang selalu setia mengantarkan doa permohonan kepada Hyang Widhi , doa itu untuk kita umat sedharma.
    suksma

    BalasHapus
  2. JIKA ANDA BUTUH ANGKA RITUAL 2D 3D 4D DI JAMIN 100% JEBOL BILAH BERMINAT HUB KI ANGEN JALLO DI NMR (_0_8_5_2_8_3_7_9_0_4_4_4_) JIKA INGIN MENGUBAH NASIB THA,SK ROO,MX SOBAT

    JIKA ANDA BUTUH ANGKA RITUAL 2D 3D 4D DI JAMIN 100% JEBOL BILAH BERMINAT HUB KI ANGEN JALLO DI NMR (_0_8_5_2_8_3_7_9_0_4_4_4_) JIKA INGIN MENGUBAH NASIB THA,SK ROO,MX SOBAT

    BalasHapus