Yayasan Dharmasastra Manikgeni

Kantor Pusat: Jalan Pulau Belitung Gg. II No. 3 - Desa Pedungan - Denpasar BALI 80222. Telepon & Faks: (0361) 723765
HP 081 338 629 606 -- 082 146 000 640 Diterbitkan oleh: Yayasan Dharmasastra Manikgeni

Sabtu, 27 Oktober 2012

Mantra untuk Bhairawa

Siwa Bhairawa yang bertangan delapan bernama Watuka Bhairawa dan yang bertangan empat disebut Svarnakrsna Bhairawa. Disamping dua bentuk tersebut, Bhairawa juga menampakkan diri menjadi 64 perwujudan Bhairawa lainnya yang sangat hebat.

Ada pun mantra untuk pemujaan Bhairawa adalah sebagai berikut, yang diambil dari Haidakhand Ashram, Denpasar.

Om Namah Shivaya
Om Sri Bhairavay Namah

1. Bhairavo bhutanathashca bhutatma bhutbhavanah
Ksaitrajnah ksetrapalascha ksetradah ksatriyo virat.

2. Shmashanavasi mansashi kharparashi smarantakrit
Rakhtapah panapah siddhah siddhidah siddhah sevitah.

3. Kankalah kalashamanah kalakasthatanuh kavih,
Trinetro bahunetrasca tatha pingala locanah.

4. Shulapanih khadgapanih kankali dhumralocanah
Abhiruh bhairavinatho bhutapo yoginipatih.

5. Dhanado dhanaharica dhanavan pratibhanavan.
Nagaharo nagapasho vyomakeshahkapalabhrit.

6. Kalah kapalamalica kamaniyah kalanidhih.
Trilocano jvalannetra strishikhi ca trilokapah.

7. Trinetratanayo dimbhah shantah shanajanapriyah
Batuko bahuvesashca khatvangavaradharakah.

8. Bhuta dhyaksah pashupatirbhiksukah paricarakah.
Dhurto digambarah shuro harinah pandulocanah,

9. Prashantah shantidah siddhah shankara-priyabhandhavah
Astamurtirnidhishascha jnanacaksustapomayah.

10. Astadharah sadadharah sarpayuktah shikhisakhah.
Bhudharo bhudharadhisho bhupatirbhudharatmajah.

11. Kankaladhari mundi ca naga yajnopavitavan.
Jrimbhano mohanastambhi marana ksobhanastatha.

12. Shuddhonilanjana prakhyo daityaha mundabhusitah
Balibhugbalibhunnatho balobalaparakramah.

13. Sarvapattarano durgo dustabhuta nisevitah.
Kami kalanidhih kantah kaminivashakridvashi

14. Jagadraksakaro nanto maya mantrausadhimayah.
Sarvasidhiprado vaidyah prabhuvisnu ritivahi

15. Astottarashatam namnnam bhairavasya mahatmanah
Mayate kathitam devi rahasyam sarvakamadam

16. Ya-idam pathate stotram namastashatamuttamam
Na tasya duritam kincin na ca bhutabhayam tatha.

17. Na ca maribhayam tasya graha rajabhayam tatha,
Na shatrubhyo bhayam kincit prapnuyanmanavah kvanchit

18. Patkanam bhayamnaiva ya pathet stotrammutamam
Sarvasiddhi mavapnoti, namastshat kirtanat.

Om bam batukaya apadudharanay kuru kuru batukaya
Bam Om Namah Shivaya

Artinya:

Bhairav Mantra

Om, di satu tanganNya Dia memegang sebuah tengkorak. Dan di tangan yang lain memegang sebuah tongkat dan Dia memakai anting-anting. BadanNya berwarna biru yang sangat gelap dan memakai ular-ular sebagai benang suci. Pada saat Havan, Dia adalah yang membersihkan segala hambatan. Kemenangan pada Tuanku Batuka, pemberi siddhis (kekuatan spiritual) kepada para pemujanya.

Bhairav, penguasa semua makhluk, jiwa dari semua makhluk, yang mengampuni semua makhluk hidup, maha tahu, maha pemberi dan yang melindungi dunia, maha pelindung, yang tertinggi. Dia tinggal di tempat pembakaran mayat, memakan daging dan makan di tengkorak manusia, memusnahkan segala nafsu.

Dia adalah peminum darah dan anggur (wine), seorang siddha (makhluk yang sempurna), pemberi siddhis (kekuatan spiritual), Dia bersatu dengan siddha.

Dia seperti sebuah kerangka manusia, mengalahkan waktu, semua arah ruangan adalah badanNya, dan Dia adalah seorang penyair. Dia memiliki tiga mata, banyak mata dan mataNya berwarna kuning.

Dia memegang sebuah trisula, sebuah pedang, Dia seperti sebuah kerangka manusia dan memiliki mata yang berasap, Dia tidak ada rasa takut, penguasa Bhairava, pelindung seluruh makhluk hidup dan penguasa para yogi.

Dia yang memberikan kekayaan dan Dia juga yang mengambil kekayaan itu. Dia yang terkaya dan Dia sangat pintar. Dia memakai kalung ular-ular dan juga memiliki senjata dari ular, rambutNya seperti langit dan Dia memegang sebuah tengkorak.

Dia seperti kematian itu sendiri, memegang tengkorak, cantik dan ahli seni. Dia memiliki tiga mata yang terbakar, seperti tiga nyala api dan Dia adalah pelindung ketiga dunia.

Dia adalah anak mata ketiga Deva Shiva, Dia seperti rahim kosmik, sangat damai. Dia seperti anak laki-laki dan juga memiliki banyak wujud yang lain, Dia memiliki sebuah senjata yang indah di satu tanganNya.

Dia adalah penguasa semua makhluk hidup, penguasa semua binatang, seorang pengemis dan seorang pelayan. Dia telanjang seperti langit, cerdik, berani, tajam dengan mata berwarna kuning.

Dia penuh kedamaian, pemberi kedamaian, sempurna, saudara kesayangan Shiva. Dia memiliki delapan wujud dan Dia adalah penguasa kemakmuran, Dia memiliki mata ilmu pengetahuan dan wujud tapasya.

Dia mewakili delapan aspek dan enam dasar emosi, Dia dihiasi dengan ular-ular dan Dia adalah teman dari Tuan Kartikeya. Dia adalah penopang bumi, penguasa bumi dan gunung-gunung dan anak Devi Parvati.

Dia memegang tengkorak-tengkorak manusia dan memakai sebuah mala dari kepala-kepala manusia dan ular-ular adalah sebagai benang suciNya. Dia membuat orang-orang tidak sadarkan diri, memikatnya dan kemudian melumpuhkan mereka, membunuh dan menggoyangkan orang-orang.

Dia seorang yang murni, berwarna biru, dan Dia dihiasi dengan potongan-potongan kepala-kepala dari iblis. Dia adalah dewa dari pengorbanan untuk para pemujaNya. Dia seorang anak laki-laki muda, namun seorang petarung dengan kekuatan yang hebat.

Dia yang menghilangkan segala bencana, sangat sulit untuk digapai, roh para iblis melayaniNya. Dia sangat memikat dan cantik, ahli seni. Dia memikat para wanita, namun Dia sendiri bisa mengontrol diri sendiri.

Dia adalah pelindung dunia, tidak terbatas, maya, Dia adalah mantra-mantra dan kekuatan penyembuh, Dia yang memberi siddhi (kekuatan spiritual), Dia adalah seorang dokter dan Dia seperti Tuhan Visnu.

108 stotra (bait-bait) ini dengan nama-nama Bhairava yang Agung, oh Devi yang sangat misterius dan yang memenuhi segala keinginan.

Siapa pun yang mengulang bait-bait dari 108 nama-nama ini, tidak akan tersentuh oleh segala dosa dan tidak akan bisa ditakuti oleh hantu-hantu.

Segala penyakit tidak akan mempengaruhinya, planet-planet yang buruk juga tidak akan mempengaruhinya dan tidak juga akan terpengaruh oleh pemerintahan yang buruk. Dia tidak akan bisa ditakuti oleh musuh dan dilukai oleh siapa pun.

Bagi siapa pun yang membaca bait-bait yang spesial ini, tidak akan tersentuh oleh dosa, dia akan memperoleh kekuatan spiritual dengan mengulang 108 nama-nama ini. Om Bam Batuk, mohon selamatkanlah kami dari segala kesusahan, Bam Batuk, saya bersujud ke hadapan Tuhan Shiva.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar