Yayasan Dharmasastra Manikgeni

Kantor Pusat: Jalan Pulau Belitung Gg. II No. 3 - Desa Pedungan - Denpasar BALI 80222. Hp/WA 0819 9937 1441. Diterbitkan oleh: Yayasan Dharmasastra Manikgeni. Terbit bulanan. Eceran di Bali Rp 20.000,- Pelanggan Pos di Bali Rp 22.000,- Pelanggan Pos di Luar Bali Rp 26.000,- Tersedia versi PDF Rp 15.000/edisi WA ke 0819 3180 0228

Senin, 15 April 2019

Tuhan dan Pemujaan dalam Hindu

 Made Dharsana Polak

Tulisan ini sebenarnya hanya berawal dari hasil perenungan pribadi, karena sering saya jumpai orang yang salah-paham dan menganggap umat Hindu “menyembah berhala (arca atau gambar)” dan menyembah “banyak Tuhan.”  Adakalanya, bahkan sering ditemui dalam pendidikan formal di sekolah-sekolah di Indonesia sengaja ditanamkan pengertian yang keliru tersebut untuk menjelaskan Hindu.
 
 Selama percakapan tentang agama Hindu, seorang teman saya yang baik baru-baru ini mengatakan kepada saya: “Saya mengalami konflik batiniah dengan kualitas Tuhan dengan bentuk dan tanpa bentuk. Saya tidak dapat menerima keberadaan Tuhan dengan berbagai bentuk, dan tindakan membungkuk atau menyembah menghasilkan sejumlah besar perlawanan dalam diri saya. Saya sering melihatnya sebagai tindakan penyerahan kepada otoritas. Saya tidak mengerti mengapa kita harus bersujud di depan sebuah gambar atau bahkan orang suci dan tidak hanya merasakan Tuhan secara mutlak.”
Saya pikir banyak dari kita sebagaimana pula orang Barat berpikir dengan cara yang sama ketika berhubungan dengan agama Hindu. Untuk dapat memahami kita harus bergerak maju ke inti dari maknanya.
 Ketika saya masih sebagai seorang anak yang mempelajari buku Weda, saya ingat belajar bahwa Hinduisme adalah non-dualisme. Sebelum berhubungan dengan budaya Hindu, saya tidak pernah mengenal mentalitas yang lebih luas yang menerima dan memahami semua keyakinan dan agama. Mentalitas terbuka ini, yang mampu melihat aspek-aspek umum dan bukan perbedaannya, adalah salah satu pokok utama Hinduisme. Mereka melihat semua agama sebagai jalan yang berbeda untuk mencapai tujuan yang sama: Tuhan.
 Agama Hindu sebenarnya adalah Sanatana Dharma, Kebenaran Abadi. Sanatana Dharma adalah sebenarnya filsafat, konsep dan cara hidup yang dapat dipraktikkan oleh semua orang karena sifatnya yang sangat universal, tidak peduli apa agama mereka. Seiring waktu, orang mulai mengidentifikasikan sebagai agama, maka Hindu pun dikategorikan ke dalam agama.
Di Sanatana Dharma, banyak dewa disembah, tetapi apakah benar-benar ada lebih dari satu Tuhan? Dari Kata-kata “Om Tat Sat Ekam Eva Advityam” yang artinya “Tidak ada Sesuatu yang Sejati selain Sat (Brahman)”, Eksitensi Mutlak, Brahman Abadi, Yang Tak Bergerak, Yang Tanpa Bagian, Yang Tak Berubah, Yang Tanpa Perbedaan, Yang Hanya Satu tanpa Dua. Sifat beraneka-warna dunia adalah hasil maya, hasil persepsi (pengamatan) panca indera. Sat atau Eksistensi Absolut adalah hanya satu tanpa Kedua: Ekam Eva! Eksistensi itu ialah Brahman tanpa bagian, tanpa sifat-sifat majemuk, tanpa ciri-ciri tersendiri. Semua ciri-ciri dan sifat-sifat yang dikenal manusia adalah relatif, tetapi Brahman adalah Mutlak, jadi Nirgunam, Nirvicesham.
Ajaran yang hanya ada satu wujud tertinggi yang memanifestasikan sebagai segala sesuatu di alam semesta. Dengan kata lain tidak ada apa pun di alam semesta selain dari Makhluk Agung ini. Kesadaran ilahi ini meliputi segala sesuatu dan berada di luar semua nama dan bentuk, tetapi pada saat yang sama dapat terwujud dalam berbagai bentuk dan keadaan, seperti air dapat menjadi padat, cair atau gas dan angin dapat menjadi angin lembut, angin kencang atau badai. Namun, pada intinya, itu akan menjadi air yang sama, angin yang sama.
 Ini adalah satu dan Tuhan yang sama yang dipuja umat Hindu dalam berbagai bentuk dan keadaan, seperti Siwa, Wisnu, Ganesha, Brahma, Durga, Saraswati, dan Kali. Ada banyak manifestasi dari satu Tuhan. Berbagai bentuk Tuhan termasuk dalam ibadah karena perbedaan budaya individu, sehingga mereka dapat memilih bentuknya.
 Apakah itu Siwa, Wisnu atau Brahma, kita harus menyadari kesatuan di belakang mereka? Semua bentuk yang berbeda adalah manifestasi yang berbeda dari satu Tuhan. Orang Hindu sebenarnya tidak memuja gambar atau arca itu sendiri. Mereka menyembah Kekuatan Tertinggi yang meliputi setiap simbol. 
Citra ilahi bermanfaat karena merupakan pengingat akan Tuhan. Citra bukan hanya objek, tetapi perwujudan Kesadaran Agung dan penyembah memuja Tuhan dalam gambar itu. Sang penyembah juga memuja sifat ilahi yang ada di dalam dirinya. Dengan cara yang sama, orang suci dan mahatma, ilahi adalah perwujudan Tuhan dan disembah dan dihormati sebagai sinar Tuhan untuk membantu umat manusia, dengan kehadiran dan ajaran mereka.
Kesadaran Agung yang meliputi semua dapat menjadi konsep abstrak bagi banyak orang dan dapat lebih mudah bagi mereka untuk menyembah Tuhan dengan bantuan simbol atau gambar dan untuk membangun hubungan yang lebih cepat dengan Tuhan melalui gambar atau arca. Pemujaan gambar atau arca, juga dapat membantu dalam memelihara pengabdian, memurnikan pikiran dan membuatnya lebih fokus dan runcing. Tujuan dari pemujaan gambar adalah untuk membawa pikiran kembali dan membangun Kesadaran ilahi, yang sudah ada dalam diri kita.
Di sisi lain, praktik penyembahan gambar atau arca sebagai simbol dapat ditemukan tidak hanya dalam agama Hindu, tetapi juga dalam kebanyakan agama, masing-masing memilih gambar atau simbol dan cara ibadah yang berbeda.
Lilin cahaya katolik, membakar dupa dan menggunakan air yang diberkati. Imam itu menguduskan roti sebagai simbol tubuh Kristus dan anggur yang melambangkan darahnya, yang diberikan untuk penebusan dunia. Mereka percaya pada Salib sebagai simbol pengorbanan dan tidak mementingkan diri, berlutut dan berdoa di depan bentuk Kristus, dan Perawan Maria.
Umat Buddha membungkuk di depan Buddha, melambangkan sifat ilahi batin dari dalam setiap manusia. Mereka juga memiliki banyak dewa dan manifestasi kualitas ilahi.
 Dalam agama Islam, orang bersujud dan berdoa ke arah Mekah. Mereka merenungkan kualitas Tuhan dan keberadaanNYA di kiblat Kabaa sebagai ‘rumah suci Allah’, berharap mereka berdoa untuk membantu membangkitkan kualitas-kualitas baik yang ada di dalamnya. Orang-orang Yahudi menyembah Taurat, dan sering mencium selimut beludru yang menutupi buku suci mereka.
Semua bentuk ibadah yang berbeda mengarah pada pengembangan kualitas ilahi di dalam kita. Leluhur kami mendirikan candi penyembahan arca dan praktik lainnya sebagai bagian dari Sanatana Dharma untuk memurnikan pikiran kita dan membuat pikiran kita satu arah.
 Jika kita ingin melihat wajah kita di depan cermin, kita dapat membersihkan permukaan, agar kita dapat melihat dengan jelas. Dengan cara yang sama, jika kita ingin melihat Tuhan, kita dapat menghilangkan ketidakmurnian yang ada dalam pikiran kita. Salah satu cara untuk memurnikan pikiran kita menurut Sanatana Dharma adalah melalui pemujaan gambar atau arca.
 Tujuan dari Sanatana Dharma adalah pencarian Tuhan di dalam diri Anda — bukan di suatu tempat di luar sana. Ketika kita benar-benar mengalami Tuhan di dalam, kita kemudian dapat memperluas kesadaran kita dan merasakan kehadiran Tuhan di mana-mana, di seluruh ciptaan. Kami menyadari bahwa Tuhan ada di mana-mana, meliputi segalanya.
 Membawa pikiran ke dalam, menyingkirkan dualitas dan konsep “Aku” dan “milikku”, membebaskan diri kita dari konsepsi dan keterikatan yang salah, mengembangkan pikiran yang runcing dan terkonsentrasi, yang dimurnikan oleh sadhana, ibadah dan pengabdian sejati, kita dapat membangunkan kita. Kesadaran ilahi yang ada di dalam diri kita, tujuan akhir dalam hidup.
Semoga kita semua dapat menemukan satu Tuhan yang berada di semua.

Penyembahan dalam Agama Hindu
Dalam Hinduisme Tuhan memiliki dua bentuk atau mode: Saguna Sakara (dengan bentuk dan karakteristik) dan Nirguna Nirakara (tanpa bentuk dan karakteristik):
dve vāva brahmaṇo rūpe, mūrtaṃ caivāmūrtaṃ ca [Brh. keatas - 2.3.1]    -Sanghyang Widhi Wasa (Brahman) memiliki dua mode, tanpa bentuk (nirakara) dan bentuk (sakara).
 Jadi meskipun kita melihat Tuhan disembah dalam berbagai bentuk, semuanya tidak memiliki bentuk juga. Sama seperti jiwa kita tanpa bentuk, tetapi secara eksternal tubuh kita memiliki bentuk, Tuhan juga, baik dengan dan tanpa bentuk. Hanya untuk pemahaman dan konsentrasi kita yang akan lebih mudah yang kita pikirkan tentang Dia dalam berbagai bentuk. Jadi Bhagavatam juga mengatakan demikian:
    iti mūrty-abhidhānena mantra-mūrtim amūrtikam     yajate yajña-puruṣaṁ sa samyag-darśanaḥ pumān [SB - 1.5.38]
   Artinya: dengan demikian Ia adalah bayangan aktual yang memuja, dalam bentuk representasi suara transendental, Personalitas Tertinggi Tuhan Yang Maha Esa, Wisnu, yang tidak memiliki bentuk material.
Jadi bahkan Dewa Wisnu, yang kita anggap sebagai bentuk dewa dengan empat tangan, juga disembah tanpa bentuk. Bentuk empat tangannya hanya memiliki makna simbolis.
Sekarang masalahnya adalah, ketika Tuhan dipertimbangkan dalam bentuk tanpa bentuk dan tanpa atribut, tetap tidak ada yang membedakannya dengan Siwa, Brahma atau Wisnu. Hanya ketika kita melihat beberapa bentuk atau karakteristik yang kita kenali sebagai Tuhan dalam fungsi tertentuNYA. Jadi Brahman tanpa bentuk dapat disebut dengan nama apa pun.
Tetapi yang paling sering nama Siwa digunakan untuk menunjukkan Brahman tanpa-sifat tanpa bentuk:
śivaiko brahmarupatvānniṣkalaḥ parikīrtitaḥ [Shv. Pu. - 1.5.10]  - Siwa sendiri, menjadi Brahman, dikenal sebagai tidak berbentuk dan sifat.
 Setiap bentuk dewa yang disembah (bukan dewa) juga tidak memiliki bentuk, tetapi cara Tuhan yang tidak memiliki gambaran khusus, wujud atau citra adalah nirakara Brahman. Tetapi bahkan kemudian karena kita, sebagai manusia, memiliki bentuk, beberapa penyembah nirakara Brahman mencoba mewakili Brahman tanpa bentuk dengan api yang juga tidak memiliki bentuk tertentu.
Penyembahan arca (murthi puja) atau penyembahan gambar dalam agama Hindu mengacu pada penyembahan nama dan bentuk (murti) Tuhan, keilahian atau orang yang dihormati seperti seorang guru atau orang suci. Praktik ini unik untuk agama Hindu. Penyembahan Image juga dipraktekkan dalam Buddhisme dan Jainisme. Buddha memuja Buddha, Tetapi penyembahan simbol gambar Tuhan hanya ditemukan dalam agama Hindu. Menurut Hinduisme, seluruh ciptaan adalah bentuk Tuhan. Setiap aspek dan bentuk di dalamnya mencerminkan kemuliaan-Nya karena Tuhan berada dimana-mana. Seluruh ciptaan adalah sakral karena diliputi dengan kehadiran Tuhan. Oleh karena itu, setiap aspeknya patut disembah. Ketika Anda berkata, “Tuhan adalah ini atau itu,” maka Anda membatasi diri. Ketika Anda berkata, “Tuhan harus disembah hanya dengan cara ini atau itu,” Anda sekali lagi mendefinisikan dan membatasi metode ibadah Anda.
Dalam Veda disebutkan bahwa hanya ada satu Tuhan yang gambarnya tidak dapat dibuat. Lalu mengapa menyembah tiga dewa Siwa, Wisnu dan Brahma?  Nah kembali ke pertanyaan, Veda mengajarkan tentang satu energi atau kebenaran tertinggi, Tuhan. Yang disebutkan dalam Yajurveda terutama. Ini disebutkan dengan nama Brahman. Itu bukan dewa, ini adalah bentuk energi, kebenaran tertinggi, Tuhan. Satu-satunya cara untuk menyembahnya adalah meditasi, karena tidak memiliki kepribadian seperti manusia. Kebenaran yang tertinggi Maha Kuasa dalam semua manifestasi di alam semesta, tidak memiliki kepribadian manusia. Dalam membaca Nirguna Brahman dan Saguna Brahman. Sangat penting untuk memahami sifat Brahman.
Keberadaan Hanya Satu Tuhan terdapat dalam Weda, sebagai berikut:
Na dvitityo Na triyaschthurtho naapyuchyate| N a panchamo Na shshtah sapthmo naapyuchyate| Nashtamo Na navamo dashamo naapyuchyate| Yagna yetham devamekavritham veda||
Sa sarvassai vi pashyathi yachha praanathi yachhana| Tamidam nigatam sah sa yesha yeka yekavrideka yeva| Ya yetham devamekavritham veda||
Atharva Veda 13.4[2]19-20
Tidak ada Tuhan yang kedua, atau yang ketiga, atau bahkan yang keempat tidak dibicarakan. Tidak ada Tuhan kelima atau keenam atau bahkan yang ketujuh disebutkan. Tidak ada Tuhan yang kedelapan, atau yang kesembilan. Tidak ada yang mampu menggambarkan tentangNYA bahkan sepersepuluhnya. Kekuatan unik ini sendiri, Tuhan itu hanya satu, satu-satunya mahahadir. Hanya satu dan satu-satunya.
 Penolakan yang lebih kategoris, efektif, tegas dan mengesankan dari Satu Tuhan tapi berada dimana-mana tidak dapat dibayangkan. Veda menolak keragaman Dewa dalam istilah yang paling jelas dan berbicara tentang Satu Tuhan, yang Mahakuasa, Mahakuasa dan Mahatahu dan mutlak dan sama sekali tidak berbentuk, yang selalu tidak terwujud dan yang tidak pernah mengambil bentuk manusia atau tidak pernah turun di bumi dalam bentuk apa pun- manusia atau sebaliknya. Rig-Veda mengatakan “Vishwarkya vimana advihaya” yang berarti siapa dia tidak terjerat oleh pikiran, Tuhan di mana-mana adalah Sang Pencipta. Dia adalah penopang dan pelindung juga.
Indram Mitram varunamagnimaahuratho divyah sa suparno garuthmaan | Yekham sadvipra bahudha vadantyagnim yamam maatarishwanamaahuh || Rgveda 1.64.46
Tuhan yang sejati adalah satu, yang tercerahkan, berbicara tentang Dia dalam beberapa cara, Tuhan itu ilahi, pelindung tertinggi dan teranggun, jiwa Universal. Mereka menyebutNYA dengan Brahma, Wisnu, Siwa, Indra, Yang Mahakuasa, universal [mitra]. Varuna (Baruna), mereka menggambarkan Dia sebagai [agnim] panduan tertinggi Alam Semesta, pengendali Alam Semesta, dan {matarishvanam] kehidupan pada semua kehidupan.
Jadi dengan kata lain, Brahma, Wisnu, Siwa, Durga, Indra, Agni, Mahakali, dan lain-lain adalah Sebutan yang berbeda untuk satu dan Tuhan yang sama (meskipun tidak secara eksklusif, karena kata-kata yang sama menandakan entitas lain juga dalam kontes yang berbeda). Semua keraguan tentang kebenaran pernyataan tegas bahwa Veda hanya mendukung Satu Tuhan.
Yo na pitah janitha vidhata dhamani veda bhuvanani vishwa | Yo devaanam namadha yeka yeva tam samprashnam bhuvanam yantyanya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar