Yayasan Dharmasastra Manikgeni

Kantor Pusat: Jalan Pulau Belitung Gg. II No. 3 - Desa Pedungan - Denpasar BALI 80222. Telepon & Faks: (0361) 723765
HP 081 338 629 606 -- 082 146 000 640 Diterbitkan oleh: Yayasan Dharmasastra Manikgeni

Sabtu, 20 Mei 2017

Tujuh Rahasia Tumbuh Lebih Muda

Oleh Deepak Chopra, MD

Beberapa dekade yang lalu, obat konvensional memandang tubuh sebagai mesin yang bagiannya pasti akan rusak sampai tidak bisa diperbaiki lagi. Sebagai seorang mahasiswa kedokteran, saya mengetahui bahwa reaksi kimia acak menentukan semua yang terjadi di dalam tubuh, pikiran dan tubuh terpisah dan independen satu sama lain, dan gen menentukan kesehatan dan umur kita.

Saat ini penelitian ilmiah sampai pada pemahaman yang sangat berbeda: Sementara tubuh tampak material, bidang energi dan kecerdasan benar-benar terhubung ke pikiran. Kita sekarang tahu bahwa apa yang dulu dianggap sebagai pengalaman “normal” penuaan - penurunan progresif menjadi ketidakmampuan fisik dan mental - sebagian besar merupakan respons yang terkondisi. Pikiran mempengaruhi setiap sel dalam tubuh dan oleh karena itu penuaan manusia bersifat cairan dan berubah-ubah. Ini bisa mempercepat, memperlambat, dan bahkan membalikkan dirinya sendiri.

Ada banyak penelitian yang menunjukkan pengaruh mendalam dari pikiran dan keyakinan tentang penuaan. Sebagai contoh, sebuah studi penting yang dilakukan oleh ahli psikologi Harvard Ellen Langer, Ph.D., menunjukkan bahwa tanda penuaan yang tidak dapat diubah, termasuk penurunan pendengaran, penglihatan, ketangkasan manual, kekuatan otot, dan memori, dapat dibalik melalui pergeseran psikologis. Dalam kesadaran dan peningkatan aktivitas fisik dan mental.
Meskipun kita semua memiliki predisposisi genetik, kesehatan dan penuaan tidak ditentukan sebelumnya. Dengan membuat pilihan sadar dalam perilaku kita dan di mana kita memusatkan perhatian kita, kita dapat mengubah pengalaman tubuh kita untuk mengurangi usia biologis kita.
Tujuh langkah ini adalah cara praktis untuk memasuki reservoir satuan energi, kreativitas, vitalitas, dan cinta tak terbatas Anda.

Ubah Persepsi Tubuh dan Penuaan Anda
Persepsi adalah tindakan selektif perhatian dan interpretasi. Apa yang Anda alami sebagai “kenyataan,” termasuk tubuh fisik dan penuaan Anda, dibentuk oleh kebiasaan persepsi Anda. Sementara kebanyakan orang dikondisikan untuk melihat tubuh sebagai mesin biologis statis, Anda bisa mulai melihatnya sebagai bidang energi, transformasi, dan kecerdasan yang terus memperbaharui diri. Mulailah memperhatikan dialog internal Anda dan bagaimana Anda berbicara tentang tubuh dan penuaan Anda. Jika Anda menemukan diri Anda mengatakan hal-hal seperti, “Saya sedang memukul usia di mana saya memerlukan kacamata baca,” “Saya terlalu tua untuk mencoba yoga (atau aktivitas lainnya),” “Saya mewarisi kesalahan buruk ayah saya,” atau pernyataan semacam itu, membuat pilihan sadar untuk mengubah perspektif Anda dan apa yang Anda katakan pada diri Anda tentang tubuh dan usia Anda.
Ingatlah bahwa sel Anda menguping apa yang Anda katakan, jadi kecuali jika Anda ingin mendapatkan punggung buruk ayah Anda atau hal lain yang “berjalan dalam keluarga,” jangan memelihara benih niat dalam kesadaran Anda. Sebuah penegasan yang kuat yang dapat Anda gunakan adalah Setiap hari dalam segala hal, saya meningkatkan kapasitas mental dan fisik saya.

Pengurangan Stres dan Meditasi
Meditasi adalah alat sederhana namun ampuh yang membawa kita ke keadaan relaksasi mendalam yang melarutkan kelelahan dan akumulasi stres yang mempercepat proses penuaan. Selama meditasi, pernapasan kita melambat, tekanan darah dan denyut jantung menurun, dan kadar hormon stress turun. Dengan sifatnya, meditasi menenangkan pikiran, dan saat pikiran dalam keadaan tenang, tubuh juga relaks.


Penelitian menunjukkan bahwa orang yang bermeditasi secara teratur mengembangkan lebih sedikit hipertensi, penyakit jantung, kegelisahan, dan penyakit terkait stres lainnya yang mempercepat penuaan. Selanjutnya, studi baru menemukan bahwa meditasi secara harfiah mengembalikan otak. Sebuah studi terobosan baru-baru ini yang dilakukan oleh Massachusetts General Hospital telah menjadi berita utama dengan menunjukkan bahwa meditasi minimal delapan minggu tidak hanya membantu orang merasa lebih tenang, namun juga menghasilkan perubahan di berbagai area otak, termasuk pertumbuhan di area yang terkait dengan memori, empati, rasa diri, dan regulasi stres.
Studi ini menambah perluasan penelitian tentang plastisitas dan kapasitas otak yang menakjubkan untuk tumbuh dan berubah pada tahap kehidupan apapun. Kita dapat memelihara kekuatan otak kita dan mempertahankan pikiran muda dengan mengembangkan latihan meditasi reguler.
Saya biasanya merekomendasikan agar orang belajar latihan meditasi tradisional dari instruktur yang berkualifikasi. Dengan begitu, Anda tahu persis apa yang harus dilakukan pada setiap titik dalam meditasi dan dengan pengalaman apa pun yang menyertainya. Seringkali ketika orang mencoba untuk belajar sendiri atau dari sebuah buku, mereka belajar dengan tidak benar dan segera menyerah karena frustrasi karena mereka tidak merasakan manfaat yang diharapkan.

Tidur Nyenyak
Tidur nyenyak secara teratur merupakan kunci penting untuk tetap sehat dan vital, namun seringkali terbengkalai atau kurang ditekankan. Bahkan ada kecenderungan orang untuk membual tentang betapa sedikit tidur yang bisa mereka dapatkan. Pada kenyataannya, kurangnya tidur yang nyenyak mengganggu keseimbangan bawaan tubuh, melemahkan sistem kekebalan tubuh kita, dan mempercepat proses penuaan. Manusia pada umumnya membutuhkan antara enam dan delapan jam tidur nyenyak setiap malam. Tidur nyenyak berarti Anda tidak menggunakan obat-obatan atau alkohol untuk tidur, tapi Anda mudah tersingkir begitu mematikan lampu dan tidur nyenyak sepanjang malam. Jika Anda merasa energik dan bersemangat saat bangun tidur, Anda bisa tidur nyenyak. Jika Anda merasa lelah dan tidak antusias, Anda belum pernah tidur nyenyak.
Anda bisa mendapatkan kualitas tidur tertinggi dengan menjaga siklus tidur Anda selaras dengan irama alam semesta, yang dikenal sebagai ritme  sirkadian. Ini berarti tidur sekitar jam 10 malam dan bangun jam 6 pagi. Idealnya, makanlah hanya makanan ringan di malam hari, sebelum pukul 19.30 jika memungkinkan, agar tidur Anda tidak terhambat oleh proses pencernaan. Anda bisa berjalan-jalan santai setelah makan malam dan kemudian tidur jam 10 malam. Ini juga sangat membantu untuk mendownload pemikiran Anda dari hari di jurnal sebelum tidur sehingga pikiran Anda tidak membuat Anda tetap terjaga.

Makanan Sehat
Ada makanan “mati” yang mempercepat penuaan dan entropi dan lainnya yang memperbaharui dan merevitalisasi tubuh. Makanan untuk menghilangkan atau meminimalkan termasuk barang yang kaleng, beku, microwave, atau banyak  olahan. Fokus pada makan berbagai makanan segar dan baru disiapkan.
Cara sederhana untuk memastikan bahwa Anda mendapatkan diet seimbang adalah dengan memasukkan enam rasa (manis, asin, asam, pedas, pahit, dan astringent) di setiap makanan. Diet khas Amerika cenderung didominasi oleh rasa manis, asam, dan asin (rasa utama dari hamburger). Kita memang membutuhkan selera ini, namun bisa menurunkan metabolisme terutama jika dimakan berlebihan.
Rasa pedas, pahit, dan astringent, di sisi lain, bersifat anti-inflamasi dan meningkatkan metabolisme. Selera ini ditemukan pada makanan seperti lobak, jahe, mustard, paprika, bayam, jamur, teh, lentil selada, dan sebagainya. Seiring dengan keenam selera itu, mengisi piring Anda dengan warna pelangi meningkatkan kehidupan yang panjang dan sehat. Kita dapat benar-benar menelan informasi alam semesta ke dalam biologi kita. Makanan yang berwarna biru tua, ungu, merah, hijau, atau oranye merupakan antioksidan dan mengandung banyak nutrisi yang meningkatkan kekebalan tubuh dan meningkatkan kesehatan.

Latihan
Salah satu cara paling penting untuk tumbuh lebih muda dan hidup lebih lama adalah olahraga teratur. Drs. William Evans dan Irwin Rosenberg dari Tufts University telah mendokumentasikan efek kuat dari latihan pada banyak biomarker penuaan, termasuk massa otot, kekuatan, kapasitas aerobik, kepadatan tulang, kolesterol. Olahraga tidak hanya menjaga tubuh tetap muda, tapi juga menjaga pikiran tetap vital dan meningkatkan kesehatan emosional. Dalam buku terbarunya, Spark: Ilmu Pengetahuan dan Latihan Otak Baru Revolusioner, profesor Harvard University John Ratey, MD menjelaskan penelitian yang menunjukkan bagaimana “aktivitas fisik memicu perubahan biologis yang mendorong sel otak untuk saling mengikat satu sama lain.” Percikan ini, saat ia memanggil Ini, meningkatkan kemampuan otak untuk belajar, beradaptasi, dan melakukan tugas kognitif lainnya.
Program kebugaran yang lengkap mencakup latihan untuk mengembangkan fleksibilitas, pengkondisian kardiovaskular, dan latihan kekuatan. Temukan aktivitas aerobik yang dapat Anda lakukan secara teratur-tiga sampai empat sesi setiap minggu selama dua puluh sampai tiga puluh menit biasanya cukup memberi Anda banyak manfaat. Setelah tubuh Anda dihangatkan, habiskan lima sampai 10 menit peregangan. Anda juga ingin memasukkan latihan kekuatan dalam program Anda untuk secara sistematis melatih kelompok otot utama tubuh Anda. Yang penting adalah memulai dengan perlahan, temukan aktivitas fisik yang Anda sukai, dan lakukan secara teratur. Jika yang paling dapat Anda lakukan saat ini adalah berjalan di sekitar blok, lakukan itu, dan Anda akan terkejut seberapa cepat Anda meningkatkan daya tahan dan antusiasme Anda untuk bergerak dan bernafas.

Cinta dan Persahabatan
Isolasi dan kesepian menciptakan kondisi penuaan dini. Serangan jantung dan tingkat kematian diketahui meningkat di kalangan janda baru-baru ini dan di antara pria yang telah tiba-tiba dihentikan dari pekerjaan mereka tanpa peringatan dan keinginan mereka. Nilai emosional ikatan sosial sangat besar, namun di beberapa negara, termasuk Amerika Serikat, kita telah bergerak ke arah yang berlawanan selama beberapa dekade. Kuncinya di sini adalah tetap terhubung dan terbuka terhadap hubungan baru sepanjang hidup Anda.

Pertahankan Pikiran Muda
Sebuah pepatah kuno Veda mengatakan, “Fleksibilitas tak terbatas adalah rahasia keabadian.” Ketika kita menumbuhkan fleksibilitas dalam atau kesadaran, kita memperbarui diri setiap saat dan membalikkan proses penuaan. Anak-anak menawarkan ekspresi keterbukaan dan fleksibilitas terbaik. Mereka bermain dan tertawa bebas, dan menemukan keajaiban dalam hal terkecil. Mereka sangat kreatif karena mereka belum membangun lapisan pengkondisian yang menciptakan keterbatasan dan batasan.
Untuk mempertahankan pikiran muda, tuliskan dua atau tiga hal yang dapat Anda lakukan yang benarbenar seperti anak kecil. Pikirkan sesuatu yang membangkitkan masa kanak-kanak untuk Anda-makan kerucut es krim, pergi ke taman bermain untuk berayun, mewarnai gambar, melompati tali, membangun istana pasir. Temukan sesuatu yang membawa kembali rasa asyik yang Anda alami saat kecil, bahkan jika Anda pikir sudah terlalu banyak, dan pilih salah satu aktivitas yang harus dilakukan hari ini. Sewaktu Anda melakukan aktivitas seperti anak kecil, biarkan diri Anda mewujudkan pola asuh dan anak yang tidak berdosa. Perasaan yang Anda tuju bukanlah kembalinya masa kanak-kanak, tapi sesuatu yang lebih mendalam, seperti yang diungkapkan oleh terapis cemerlang AH Almaas: “Ketika kita melihat seorang anak kecil, kita melihat bahwa rasa kepenuhan, sifat intrinsik, dari Kegembiraan, bukan hasil dari hal lain. Ada nilai hanya menjadi diri sendiri; Bukan karena sesuatu yang dilakukan atau tidak dilakukan. Pada awalnya, ketika kita masih kecil tapi perlahan hilang. “Dengan kembali mengalami sifat seperti anak kecil, kita tidak hanya menumbuhkan pikiran awet muda, tapi kita juga terhubung dengan bagian kita yang tidak pernah lahir dan tidak pernah mati. Esensi spiritual abadi kita.
(diterjemahkan dari www.chopra.com)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar