Yayasan Dharmasastra Manikgeni

Kantor Pusat: Jalan Pulau Belitung Gg. II No. 3 - Desa Pedungan - Denpasar BALI 80222. Telepon & Faks: (0361) 723765
HP 081 338 629 606 -- 082 146 000 640 Diterbitkan oleh: Yayasan Dharmasastra Manikgeni

Sabtu, 27 Oktober 2012

KKN STAHN Gde Pudja Mataram di Lombok Barat

Bertempat di Kantor Camat Gerung Kabupaten Lombok Barat telah diserahterimakan sebanyak 64 orang mahasiswa STAHN Gde Pudja Mataram kepada Camat Gerung dalam suatu acara pertemuan yang dilaksanakan pada hari Kamis pagi hari, tanggal 28 Juni 2012. Dalam hal ini Camat Gerung diwakili oleh Sekwilcam begitu juga Ketua STAHN Gde Pudja Mataram diwakili dan ditugaskan Puket III, Ni Wayan Rasti, SH, S.Ag, M,Ag, beserta dosen pembimbing dan panitia KKN, I Made Intaran, S.Ag, M.Pd. H, selaku Panitia Pelaksana KKN melaporkan, bahwa penetapan lokasi dan masiswa peserta KKN priode XI ini tahun 2012 telah ditetapkan dengan SK Ketua STAHN Mataram Nomor: Sth.02/SK/l 83/2012 tanggal 26 Juni 2012 untuk wilayah Kecamatan Gerung dengan sasaran desa binaan adalah, Dusun Rincung, Dusun Lilin, Lingkungan Babakan, Lingkungan Batu Anyar, dan Dusun Carik Kauh. Kegiatan KKN berlangsung selama dua bulan dan berakhir nanti Agustus 2012.


Ni Wayan Rasti, SH, S.Ag, M.Ag mewakili Ketua STAHN Mataram dalam arahannya ia mengatakan, bahwa KKN di Kecamatan Gerung ini merupakan yang kedua kalinya. Yang pertama sebelumnya sudah dilaksanakan tahun 2004 hanya berlokasi di satu dusun, yakni Dusun Lilin dan yang keduakalinya ini ditetapkan lima dusun desa binaan dengan jumlah mahasiswa 64 orang, terdiri dari 4 jurusan, yaitu Pendidikan, Penerangan, Filsafat, Hukum Agama Hindu. Mereka ini nantinya akan memberikan pembinaan kepada umat Hindu setempat, dengan penerapan teori-teori ilmu yang didapat di bangku kuliah. “Saya mengharapkan masukan dan dukungan dari bapak Camat Gerung terhadap Dusun Binaan KKN ini untuk meningkatkan mutu pendidikan dan pembelajaran agama Hindu,” sebut Wayan Rasti.

Adapun Program Kerja KKN XI Tahun 2012 disiapkan bentuk kegiatanya antara lain, Dharma Gita, Dharma Wacana dan Dharma Tula, Mejejahitan, Yoga Asana, Aksara Bali, Tari Bali, Gotong Royong, Persembahyangan bersama, Komputer, Bahasa Inggris dan Seni Rupa.

Sementara itu, sekapursirih dari bapak Sekwilcam Gerung menyatakan, bahwa dirinya sangat berterimakasih sekali kepada lembaga STAHN Gde Pudja Mataram. Dipilihnya lokasi dusun binaan ini karena pas sekali tempat kantong-kantong umat Hindu yang nantinya juga akan ikut mendukung kegiatan pembangunan daerah dalam hal mengentaskan buta huruf dan wajib belajar anak didik di desa binaan tersebut.

Berakhimya acara serah terima peserta KKMahasiwa STAHN Gde Pudja priode XI tahun 2012 ini ditandai dengan penyerahan SK Penetapan lokasi KKN oleh Ibu Puket III kepada Sekwilcam Gerung Lombok Barat yang disaksikan para kepala Desa, Kepala Dusun serta mahasiswa dan dosen pembimbing. Selanjutnya dilaksanakan peninjauan lokasi oleh mahasiswa yang dipandu langsung oleh para Kepala Dusun dan Kepala Desa dan dosen pembimbing untuk penetapan Posko KKN.

(I Made Putu Sujana)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar