Yayasan Dharmasastra Manikgeni

Kantor Pusat: Jalan Pulau Belitung Gg. II No. 3 - Desa Pedungan - Denpasar BALI 80222. Telepon 081 338 629 606 -- 082 146 000 640 Diterbitkan oleh: Yayasan Dharmasastra Manikgeni

Kamis, 08 Desember 2011

Mahasiswa STAH Lampung Terus Meningkat

Laporan Matha Riswan

Sekolah Tinggi Agama Hindu (STAH) Lampung telah mengadakan Program Orientasi Perguruan Tinggi (Propti) tahun ajaran 2011/2012. STAH Lampung kini telah memasuki usia yang ke-5 pada tahun 2011/2012. Terlihat dari jumlah mahasiswa baru angkatan tersebut memiliki mahasiswa sebanyak 40 orang yang terseleksi melalui ujian, dan sangat dibanggakan mahasiswa angkatan ini banyak yang dari luar daerah, seperti Palembang, dan berbagai tempat di bagian-bagian Lampung tersebut. Tentu hal ini sangat membanggakan, karena tahun-tahun sebelumnya boleh dikatakan mahasiswanya sangat minim, dan berasal dari Lampung saja.


Pada Propti kali ini mahasiswa diminta untuk terjun langsung ke masyarakat dan melihat warga masyarakat Hindu yang ada di daerah yang kurang tertinjau. Propti tahun ini dilaksanakan tiga hari, yakni di mana pada hari pertama dilaksanakan di auditorium sekolah tinggi agama Hindu Lampung, di mana pada kesempatan itu para civitas akademika dan Ketua STAH memberikan motivasi-motivasi terhadap mahasiswa dengan berbagai materi. Di mana materi pertama yang dibawakan oleh Teguh Samiadi, SPd.H., M.Si sebagai Kabag TU. Materi yang dibahas, yaitu tentang kepemimpinan Hindu, dimana seorang pemimpin merupakan faktor penentu dalam sukses atau gagalnya suatu organisasi dan negara. Kualitas pemimpin sangat berpotensi besar dalam menentukan keberhasilan atau kesuksesan suatu organisasi atau negara yang dipimpin.

Selanjutnya materi ke dua disampaikan oleh Ida Bagus Putu Mambal, S.Ag.,M.Si. dan Ni Gusti Ayu Made Afrianti, S.Ag., M.Si. Materi yang dibahas adalah tentang program studi dan prospek dunia kerja. Dalam materi tersebut menjelaskan bahwa STAH Lampung memiliki visi menciptakan mahasiswa-mahasiswa yang cerdas, inovatif, dan religius. Sedangkan misinya adalah menyelenggarakan pendidikan secara inovatif atau berevolusi menjadi yang lebih baik. Menyelenggarakan penelitian yang berbasis agama dan budaya dan pendidikan yang mengembangkan seni dan budaya. Menyelenggarakan kegiatan-kegiatan yang berorientasi keagamaan.

Selanjutnya materi diberikan oleh Made Sutharjana, SH., MH, selaku Pembantu Ketua 1 Bidang Akademik. Di mana materi hyang dibahas sesuai dengan etika dan pembimbing akademik. Dilanjutkan dengan pemateri Drs. Nengah Maharta, M.Si. yang membahas tentang pemikiran mahasiswa supaya ke depannya berpikir ke arah positif, dan dilanjutkan pemateri oleh ketua BEM dan DPM yang menjelaskan sistem organisasi mahasiswa di kampus dan memberikan dukungan terhadap mahasiswa-mahasiswa baru agar menjadi mahasiswa yang militan dan berguna bagi daerahnya masing-masing.

Berikutnya dilanjutkan dengan kegiataan turun ke masyarakat untuk meninjau sejauh mana keyakinan umat terhadap agamanya. Kegiatan tersebut merupakan rangkaian kegiatan dari Propti tersebut. Tujuan kegiatan temu masyarakat dalam kegiataan ini adalah untuk mendekatkan calon-calon mahasiswa baru kepada masyarakat umumnya dan umat Hindu khususnya. Ada pun hal-hal yang di lakukan oleh mahasiswa baru saat melakukan wawancara dengan masyarakat adalah dengan cara bertanya mengenai kondisi sosial ekonomi keluarga, pandangan mengenai pentingnya pendidikan dan kesehataan, peran Parisada dan perguruan tinggi khususnya STAH dalam pembinaan umat. Juga mengenai kondisi kerukunan intern dan antar umat beragama, dan kendala dalam melaksanakan tatwa, etika dan ritual dalam bentuk adaptasinya. Demikianlah rangkaian kegiataan Propti mahasiswa sekolah tinggi agama Hindu STAH Lampung.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar