Yayasan Dharmasastra Manikgeni

Kantor Pusat: Jalan Pulau Belitung Gg. II No. 3 - Desa Pedungan - Denpasar BALI 80222. Telepon & Faks: (0361) 723765
HP 081 338 629 606 -- 082 146 000 640 Diterbitkan oleh: Yayasan Dharmasastra Manikgeni

Senin, 25 Juni 2012

Rasa Sakit Saat Pertama Latihan Yoga Asanas


I Gede Sukra Darmayasa

Ajaran yoga saat ini sudah mulai dilirik dan ditekuni oleh sebagian besar masyarakat, mereka sudah mulai menyadari betapa besar manfaat dari yoga itu sendiri. Sesungguhnya yoga merupakan ajaran yang sangat mudah dan praktis untuk dilakukan dalam kehidupan sehari-hari. Dan ajaran yoga bila kita telusuri lebih mendalam sangatlah kompleks dan lengkap, karena tidak hanya memberi manfaat secara fisik saja, namun dengan benar-benar menekuni yoga kita akan bisa mendapatkan suatu manfaat, baik secara jasmani maupun rohani. Namun bila mempelajari yoga hanya sekedar atau hanya iseng-iseng saja sudah tentu kita tidak akan bisa mendapatkan manfaat yang maksimal, baik secara jasmani maupun rohani.


Untuk itu bagi mereka yang ingin belajar yoga jangan hanya setengah-setengah dan juga jangan terlalu berambisi untuk mendapatkan suatu hal-hal yang bersifat duniawi, tetapi bagi mereka yang memang benar-benar ingin menekuni yoga lakukanlah dengan sungguh-sungguh, penuh semangat serta harus latihan secara berkelanjutan. Dengan demikian kita akan bisa mendapatkan manfaat dari latihan yoga dengan maksimal secara tidak langsung tanpa kita inginkan atau dipikirkan sebelumya.

Perlu juga diketahui, bagi mereka yang ingin menekuni dan latihan yoga asanas ketika pertama kali latihan enak pasti akan merasakan sakit pada beberapa bagian tubuh, baik leher, lengan, perut, kaki dan pada bagian tubuh lainnya. Hal ini merupakan suatu yang wajar ketika kita melakukan sesuatu yang baru pertama kali dilakukan dan hal yang serupa pasti dirasakan ketika melakukan gerakan olah tubuh lainnya. Namun ketika kita sudah sering melakukannya pasti rasa sakit itu tidak akan kita rasakan lagi, begitu pula bagi mereka yang sudah sering latihan yoga asanas rasa sakit setelah latihan pasti tidak merasakan sakit tapi sebaliknya tubuh kita akan terasa lebih sehat. Untuk itu bagi mereka yang merasakan suatu sakit pada bagian tubuhnya ketika pertama kali latihan jangan langsung menyerah dan tidak latihan lagi, karena hal ini merupakan suatu proses pelenturan organ tubuh.

Dewasa ini sering saya mendengar dan mengamati ada beberapa teman yang tidak mau melanjutkan berlatih yoga karena baru pertama kali latihan badanya sakit. Dia mengatakan, bahwa tujuan berlatih yoga adalah untuk mendapatkan kesehatan bukan sebaliknya malahan sakit. Karena pengalaman sakit itu, ia tidak mau berlatih yoga asanas lagi karena ia beranggapan bahwa latihan yoga hanya menyebabkan tubuh sakit saja. Padahal saya sudah mencoba menjelaskan rasa sakit yang kita rasakan ketika pertama kali latihan yoga itu hal yang biasa dialami oleh setiap orang ketika pertama kali latihan, namun bila sudah sering latihan rasa sakit itu tidak akan terasa lagi namun ia tidak percaya dengan penjelasan saya itu. Dan ketika berlatih yoga seharusnya secara berkelanjutan tidak hanya latihan sekali atau dua kali tidak lagi melanjutkan latihan hal ini sangatlah keliru. Karena ajaran yoga tidak bisa dipelajari secara instan melainkan bila ingin benar-benar belajar yoga perlu proses dan waktu yang cukup lama agar bisa melakukan gerakan yoga asanas dengan baik.

Bagi mereka yang ingin menekuni yoga perlu suatu keuletan dan kesungguhan hati serta tidak mudah menyerah ketika berlatih yoga. Bila ketiga prinsip ini sudah dimiliki niscaya kita akan bisa menekuni yoga dengan baik serta mendapatkan suatu manfaat yang maksimal dari latihan yoga itu sendiri. Ketiga prinsip ini perlu ditanamkan dalam diri dan diterapkan ketika melakukan suatu kegiatan atau aktifitas apa saja dalam kehidupan sehari-hari untuk mencapai suatu kesuksesan dari aktifitas yang dilakukan. Mereka yang sudah benar-benar menekuni ajaran yoga pasti akan merasakan suatu hal yang berbeda dalam hidup bila dibandingkan sebelum menekuni yoga. Hal ini bisa dibuktikan oleh setiap orang dan oleh siapa saja sesuai dengan karma wasananya sendiri, ajaran yoga sudah diterapkan dan dipraktekkan oleh para yogi dan para maharsi dari jaman dahulu. Dan ajaran yoga tidak akan pernah hilang walaupun jaman sudah semakin maju, karena ajaran yoga bisa diterima dan diterapkan di setiap jaman dalam kehidupan ini. Sudah terbukti saat ini dijaman modern, maju dan IPTEK sudah semakin berkembang orang di luar negeri sudah bisa jalan-jalan ke luar angkasa. Namun ajaran yoga masih tetap eksis dan masih bisa diterima dan diterapkan di tengah semakin majunya pengetahuan orang-orang saat ini.

Jadi sangat bersyukurlah bagi mereka yang sudah benar-benar menekuni ajaran yoga saat ini, karena ajaran yoga akan bisa dipraktikkan dan diterapkan dalam kehidupan sehari-hari walaupun jaman sudah semakin maju dan modern. Untuk yang baru pertama kali latihan yoga asanas jangan menyerah apalagi sampai takut latihan kembali baru tubuh terasa sakit ketika pertama kali latihan yoga asanas. Perlu diketahui rasa sakit itu hanya sementara karena bila sudah sering latihan rasa sakit itu tidak akan terasa lagi, melainkan setelah latihan tubuh kita akan bisa lebih sehat. Mari kita berlatih yoga untuk mencapai kehidupan yang lebih baik, bahagia dan damai. Semoga kita semua bisa selalu hidup dalam kasih Tuhan. Om Satya, Dharma, Shanti.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar